Kesenian Tradisional dalam Gegap Gempita Ibu Kota

Malam minggu saya (21/05) dikelilingi lelaki bertelanjang dada (hah)

image

Iya, maksudnya para pelakon dari Wayang Orang Bharata. Ehehe.

Malam itu adalah pertama kalinya saya melihat langsung pagelaran wayang wong dengan cerita “Abimanyu Lahir”. Ternyata kesenian tradisional ini masih eksis di tengah gemerlap Kota Jakarta. Berada di salah satu sudut kawasan Senen, Jakarta Pusat, paguyuban ini bertahan dengan menyuguhkan pertunjukkan seni yang dikemas dalam tata panggung dan lighting sederhana serta iringan gamelan yang sungguh apik.

Pementasan dilakukan setiap malam minggu mulai pukul 20.30 WIB. Harga tiketnya cukup terjangkau, yakni 40-60ribu rupiah, tergantung kelas yang dipilih. Mulai dari balkon hingga kelas utama alias VIP. Durasi pertunjukkan kurang lebih 2-4 jam tergatung cerita yang dibawakan. Lumayan lama sih ya. Tapi jangan khawatir, kalau lapar kita bisa memesan makanan di emperan sekitar gedung dan menikmatinya di dalam ruangan pertunjukkan. Bawa cemilan dari rumah juga boleh. Dan yang pasti, gak perlu kucing-kucingan ngumpetin makanan kayak kalo pergi ke bioskop hehehe. Psst, persis di depan gedung itu ada ketoprak yang didaulat sebagai ketropak terenak di Jakarta loh.

Bosan? Hmm tentatif sih ya. Emang sih wayang identiknya sama tembang-tembang jawa yang mendayu-dayu dan selo abis. Tapi kalo saya sih malah sukaaa. Ya gimana, para pemainnya sungguh piawai memainkan peran mereka masing-masing, sih. Dan lagi, wayang selalu punya makna tersirat dari setiap cerita yang ditampilkan. Kayak film aja sih sebenernya, tapi genre-nya folklore tradisional.

Nih, bonus foto-foto selama pertunjukkan.
image

image

image

image

(Tadinya pengen nulis lebih panjang tapi apa daya lagi tidak nafsu bercerita. Alhasil cuma bisa repost dari instagram dengan sedikit perubahan dan tambahan foto-foto….)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s